Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) mengumumkan pemeringkatan hasil penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi periode tahun 2016-2018. Pemeringkatan berbasis kinerja penelitian ini disampaikan Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam konferensi pers "Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2016-2018" di Gedung II BPPT, Jakarta

Berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok Mandiri, 146 perguruan tinggi kelompok Utama, 479 perguruan tinggi kelompok Madya, dan sebanyak 1.305 perguruan tinggi kelompok Binaan. Jumlah kontributor sebanyak 1.977 perguruan tinggi, meningkat dari periode tahun 2013-2015 yang hanya mencapai 1.447 perguruan tinggi.

Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) menempati peringkat ke-3 se-Sumatera Utara dan peringkat ke-28 se-Indonesia dalam daftar Politeknik dengan lembaga penelitian terbaik di Indonesia versi Kemenristek periode tahun 2016 – 2018. Hal ini membuktikan bahwa Politeknik Bisnis Indonesia mampu meningkatkan mutu dan kualitas nya sehingga menempati peringkat ke-3 sebagai politeknik terbaik se-Sumatera Utara.
Demikian Direktur PBI Sahat Sonang, M.Kom didamping ketua LPPM Sarida Sirait, SE, Msi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (18/12) Dikatakannya, selama ini PBI berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat. Sehingga periode 2016 – 2018 masuk dalam kategori Politeknik terbaik,

Ini merupakan capaian PBI dibidang penelitian sangat membanggakan dan luar biasa. “Kita juga sudah masuk kategori Lembaga Penelitian Madya” tegas Sahat Sonang, dalam konteks ini pihaknya akan terus mendorong civitas PBI untuk meningkatkan penelitian dan penulisan jurnal ilmiah berstandar internasional seperti Scopus.